Sejarah

Credit Union Sawiran adalah lembaga keuangan yang berfokus pada pemberdayaan ekonomi masyarakat. Credit Union berbasiskan pada kepercayaan anggota yang memiliki saham sebagai bentuk kepemilikan. Seluruh kegiatan lembaga mengarah pada satu tujuan, yaitu kesejahteraan Anggota. Dikelola secara professional, CU Sawiran melangkah dengan memberikan pelayanan keuangan yang dibutuhkan masyarakat luas dengan mempersembahkan produk-produk simpanan, pinjaman, dan jasa keuangan lain.

Dalam pelayanannya CU Sawiran berbasis pada gerakan credit union yang terbuka dan jelas sistem pengelolaannya. Kebijakan lembaga dibuat, dilaksanakan dan dikontrol dengan sangat terbuka dan demokratis oleh Anggota.

Rm. Willy Malim Batuah, CDD

Rm. Willy Malim Batuah, CDD

Credit Union Sawiran didirikan dari sebuah gagasan Rm. Willy Malim Batuah, CDD, mencari solusi untuk masyarakat sekitar Dusun Sawiran yang kesulitan mencari modal kerja murah dan mudah sehingga dapat membantu meningkatkan jumlah pendapatan dan taraf hidup mereka. Gagasan ini diperkuat dengan kegelisahan beliau melihat kenyataan banyaknya praktek rentenir dengan kredit berbunga sangat tinggi.

Rm. Willy Malim Batuah, CDD melihat bahwa yang dibutuhkan masyarakat Dusun Sawiran saat itu adalah sebuah lembaga yang dapat memenuhi kebutuhan mereka akan modal kerja, sehingga mereka dapat secara mandiri menjalankan kehidupan mereka.

Maka Tahun 1989 Rm. Willy Malim Batuah, CDD mendirikan koperasi bagi karyawan Rumah Retret Sawiran di dusun Sawiran Kelurahan Dawuhansengon Kecamatan Purwodadi Kabupaten Pasuruan. Meningkatnya taraf hidup para karyawan RR Sawiran inilah yang menggugah mereka untuk mengikut sertakan keluarganya, dan juga tetangga serta masyarakat sekitar. Karena jumlah yang dilayani semakin banyak, maka Kopkar Sawiran pun dibuka untuk umum, dan tidak hanya melayani karyawan saja.

Inilah kantor kami yang pertama

Inilah kantor kami yang pertama

Rm. Willy Malim Batuah, CDD melihat bahwa gerakan credit union yang sedang berkembang, adalah suatu model yang sangat sesuai bagi kondisi masyarakat, dan juga para anggota Kopkar. Maka pada tahun 2000 diputuskan untuk mengubah nama lembaga menjadi CU Sawiran, yang melayani semua anggota masyarakat secara terbuka, tanpa kecuali. Semua orang bisa menjadi anggota tanpa memandang tingkat ekonomi, pendidikan, agama, suku dan budaya. Sampai saat ini kami telah melayani ribuan Anggota di 13 Tempat Pelayanan di beberapa kota di Jawa Timur.

Jam Operasional

Jam Pelayanan

Senin - Jumat

:

07.30 - 16.00

Sabtu

:

07.30 - 13.00

Jam Kas

Senin - Jumat

:

08.00 - 14.00

Sabtu

:

08.00 - 12.00

CS Online

Jajak Pendapat

Bagaimana Pelayanan yang di berikan CU Sawiran?

View Results

Loading ... Loading ...