Pengajuan Pinjaman

Bagi Anda yang sudah menjadi Anggota CU Sawiran, dan ingin memanfaatkan fasilitas Pinjaman, berikut langkah-langkahnya :

1. Mengisi Formulir
Pemohon mengisi formulir permohonan kredit dan formulir data diri calon peminjam yang tersedia di kantor CU dan menyertakan foto copy KTP suami dan istri (orang tua jika belum menikah), KK, jaminan, surat nikah, slip gaji, cashflow (untuk yang wiraswasta).

2. Verifikasi Data
Bersedia dilakukan verifikasi data untuk konfirmasi atas data pribadi yang diberikan. Memiliki track record (rekam jejak) yang baik dalam melaksanakan kewajiban atas simpanan dan pinjaman.

Hal-Hal Yang Perlu Diketahui

1. Anggota luar biasa tidak diperkenankan mengajukan permohonan pinjaman. Tetapi sahamnya dapat menjadi jaminan pinjaman anggota biasa.

2. Penjamin

  • Pengurus, pengawas, penasihat, dan pelaksana TIDAK DIPERBOLEHKAN menjadi penjamin pinjaman anggota.
  • Untuk pengajuan pinjaman oleh Pengurus, Pengawas, dan Pelaksana, selain memenuhi peraturan diperlakukan syarat tambahan yaitu: dijamin oleh 1 (satu) orang pengurus dan 1 (satu) orang pengawas.

3. Jaminan

  • Jaminan pinjaman berupa simpanan saham anggota dan/atau simpanan lainnya yakni cemerlang, Simaster, Sipintar, Sibuhar.
  • Semua jenis pinjaman mewajibkan jaminan apabila plafon pinjaman melebihi jumlah semua simpanan yang dijaminkan. Bila selisih plafon pinjaman tidak terlalu besar dengan jaminan simpanan maka dapat menggunakan jaminan usaha.
  • Jaminan berupa benda tidak bergerak (Tanah & Bangunan) berapapun nilai pinjamannya wajib untuk diteguhkan dengan akta notaris. Biaya akta notaris ditanggung oleh peminjam sedangkan peminjam dikenakan potongan 1% untuk jasa pelayanan dan 0,5% untuk tanggung renteng.
  • Komite Kredit dapat menentukan jenis jaminan demi keamanan asset lembaga berupa: Jaminan benda tidak bergerak berupa tanah & bangunan harus disertai bukti kepemilikkan, Sertifikat maupun belum bersertifikat (AJB).
  • Surat Kuasa pemotongan gaji dapat digunakan sebagai jaminan asalkan ada surat kuasa pemotongan gaji yang disahkan oleh pimpinan instansi dimana anggota yang bersangkutan bekerja.

 

Silahkan Mendownload File Yang Diperlukan :


Jam Operasional

Jam Pelayanan

Senin - Jumat

:

07.30 - 16.00

Sabtu

:

07.30 - 13.00

Jam Kas

Senin - Jumat

:

08.00 - 14.00

Sabtu

:

08.00 - 12.00

CS Online

Jajak Pendapat

Bagaimana Pelayanan yang di berikan CU Sawiran?

View Results

Loading ... Loading ...