Mengenal Jaringan Credit Union

Nov 27, 2018   //   by yohanes setyo agung   //   Inspirasi  //  Comments Off on Mengenal Jaringan Credit Union

Oleh Tengsoe Tjahjono (Anggota CU Sawiran)

CU Sawiran bukanlah CU yang sendiri, dia berjejaring dengan CU-CU atau koperasi lain di Indonesia, bahkan di dunia. Mengapa berjejaring? Dengan berjejaring CU-CU yang ada bisa saling belajar dan menguatkan, bisa saling dukung, bisa saling tukar pengalaman, bahkan, yang terpenting adalah transparansi dan akuntabilitas akan terjamin sebab induk koperasi di atasnya akan ikut mengawasi. Berikut ini beberapa mitra CU Sawiran, baik dalam skala internasional, nasional, dan regional.

1. The World Council of Credit Unions (WOCCU)

Dewan CU Dunia (WOCCU) ini merupakan asosiasi perdagangan internasional dan agen pengembangan Credit Union yang berkantor pusat di Madison, Wisconsin. Anggota WOCCU adalah semua asosiasi Credit Union regional dan nasional, asosiasi koperasi dan organisasi layanan bisnis di 97 negara di seluruh dunia. Anggota WOCCU meliputi lebih dari 54.000 credit unions dengan 186 juta anggota di seluruh dunia.

2. The Association of Asian Confederation of Credit Unions (ACCU)

Asosiasi Konfederasi Credit Union Asia (ACCU) ini merupakan organisasi regional yang beranggotakan Credit Union dan koperasi di Asia. ACCU bekerja dalam kemitraan dengan anggotanya untuk memperkuat dan mempromosikan Credit Union sebagai instrumen efektif pembangunan sosioekonomi. Didirikan pada tahun 1971, ia menyediakan bantuan teknis, pelatihan, penelitian, dan pertukaran informasi. ACCU berafiliasi dengan The World Council of Credit Unions (WOCCU); International Raiffeisen Union (IRU); International Cooperative Alliance (ICA); dan Badan PBB (mis. FAO, ILO, UNDP dan lainnya).

3. Induk Koperasi Kredit (INKOPDIT) / CUCO INDO

Induk Koperasi Kredit (INKOPDIT) adalah koperasi kredit sekunder tingkat nasional, berkedudukan di Jakarta yang berfungsi sebagai sentral pelayanan keuangan nasional untuk melayani Puskopdit (Pusat Koperasi Kredit) di seluruh Indonesia. Fungsi utama Inkopdit yaitu mengembangkan Koperasi Kredit di wilayah Indonesia baik kuantitas maupun kualitas sehingga memiliki jaringan usaha koperasi kredit yang kuat, sehat dan mandiri mulai dari Koperasi Kredit Primer, Sekunder Daerah maupun Nasional.

4. Puskopdit Jatim Timur

Dalam prinsip penyelenggaraan operasi koperasi kredit terdapat kerja sama antar koperasi. Dengan menggabungkan sumber daya beberapa koperasi kredit primer, maka terbentuklah organisasi yang disebut Puskopdit. Puskopdit yang dikenal sebagai organisasi tingkat kedua dimana yang menjadi anggota adalah koperasi-koperasi kredit primer. Salah satu tugas Puskopdit adalah melakukan audit dan monitoring terhadap anggotanya untuk memantau kesehatan dan menjamin transparansi dan kepercayaan publik terhadap credit union. Di samping memberikan pelatihan, misalnya: Pelatihan Kepengurusan, Pelatihan Kepengawasan, Pelatihan Manajer dan manajemen, Sistem Akuntansi Koperasi Kredit, dan sebagainya.

Sungguh, melihat jejaring seperti itu, saya sebagai anggota CU Sawiran merasa aman, sebab CU Sawiran tidak sendiri. Dengan jejaring itu CU Sawiran sungguh kuat, dan sungguh bertanggung jawab dan berhati-hati dalam mengelola keuangan sebab Puskopdit Jatim Timur misalnya akan ikut serta melakukan audit monitoring. Semoga CU Sawiran semakin jaya.

gambar: http://www.gacunews.com/credit-union-news/credit-union-of-georgia-to-host-marietta-business-association-networking-event/

Comments are closed.

Jam Operasional

Jam Pelayanan

Senin - Jumat

:

07.30 - 16.00

Sabtu

:

07.30 - 13.00

Jam Kas

Senin - Jumat

:

08.00 - 14.00

Sabtu

:

08.00 - 12.00

CS Online

Jajak Pendapat

Bagaimana Pelayanan yang di berikan CU Sawiran?

View Results

Loading ... Loading ...